Sabtu, 14 April 2012

Kejenuhan Belajar


Oleh: Anjar Raharyanti  (101014056)


Kejenuhan ialah padat atau penuh sehingga tidak mampu lagi memuat apapun. Jadi kejenuhan belajar ialah rentang waktu tertentu yang digunakan untuk belajar tetapi tidak mendatangkan hasil (Reber 1988). Faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu :
a.       Siswa yang telah kehilangan motivasi dan kehilangan konsolidasi salah satu tingkat keterampilan tertentu sebelum siswa tertentu sampai pada tingkat keterampilan berikutnya (Chaplin, 1972).
b.      Kejenuhan dapat juga terjadi karena proses belajar siswa telah sampai pada batas kemampuan jasmaniahnya karena bosan (borring) dan keletihan (fatigue).
Menurut Cross (1974) dalam bukunya The Psycology of Learning, keletihan siswa dapat diketegorikan menjadi : 1) keletihan indra siswa, 2) keletihan fisik siswa, 3) keletihan mental siswa. Keletihan indra dan fisik siswa dapat dihilangkan dengan mudah dengan beristirahat dengan cukup. Tetapi keletihan mental tidak mudah mengatasinya. (Cross, The Psycology of Learning, 1974)
Kiat-kiat untuk mengatasi keletihan mental yang menyebabkan kejenuhan belajar, yaitu :
a.       Melakukan istirahat dan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dengan takaran yang cukup banyak.
b.      Pengubahan atau penjadwalan kembal jam-jam dari hari-hari belajar yang dianggap lebih memungkinkan siswa belajar lebih giat.
c.       Pengubahan atau penataan kembali lingkungan belajar siswa
d.      Memberikan motivasi dan stimulus baru agar siswa merasa terdorong untuk belajar lebih giat daripada sebelumnya.
Siswa harus berbuat nyata (tidak menyerah atau tinggal diam) dengan cara mencoba belajar dan belajar lagi.
 Penyebab Kejenuhan Belajar
Nah loh, ini dia nih yang ngebikin semua guru jadi cemberut sampe bibir pade manyun. Gimana gag pada manyun tuh guru, wong siswanya kagag pada semangat alias lagi pada Bete’. Kejenuhan dalam belajar siswa sama saja dengan kejenuhan kegiatan yang laennya.
Kejenuhan itu pada umumnya dikarenakan dalam suatu prosesnya yang dalam hal ini belajar siswa monoton (kagag bervariasi) atawa gaya belajarnya yang itu-itu aja. Emang sih, dari dulu ampe sekarang gaya belajar kita kagag ada perubahan, yang kita juga ngerasain sendiri dah gimana rasanya waktu kite sekoleh dulu..sama khan..!! BT..BT..Akhhh,, Udah tau kaya gitu eehhh ngapa kita ikutin tuh gayanya…capec dec!!! Mustinya kita selaku kaum muda yang udah ngerasain gimana perasaan BT kite dulu, jangan ampe ngelakuin yang sama pula saat kite ngajarin anak didik kite sekarang.
yang jadi faktor penyebab kenapa anak sering sekali jenuh dalam belajar yakni:
1. Metode Belajar tidak bervariasi
Seringkali kita gag sadar bahwa cara belajar mereka dari SD sampai Perguruan Tinggi gag berubah-berubah. Misalnya, cara mempelajari cara hafalan, gag sedikit dari kita yang membaca langsung dari buku. Contoh lainnya dalam belajar ilmu pasti yang dilakukan dengan cara ngafalin rumus-rumus yang dibuku, dan ngafalin contoh-contoh soal yang tertulis di buku. Cara belajar yang kayak gini nih udah dari SD dilakonin. Ada lagi nih cara belajar yang dari SD sampe Perguruan Tinggi kagag berubah, belajar kalo besoknya Ujian. ,,
2. Belajar hanya ditempat tertentu
Belajar hanya ditempat tertentu dengan kondisi ruang yang itu-itu aja, seperti posisi meja, kursi, keadaan dinding dan kawan-kawannya yg tidak berubah-rubah bisa ngebikin kite jenuh…so pasti!!! Bahkan bukan cuman bikin jenuh, kalo kite coba belajar di tempat yang belum kita coba sebelumnya misalnya belajar dilapangan tanpa meja, kursi, dinding, atap, dkk, sebagian kecil atawa sebagian besar ilmu yang kite serap, ludes begitu aje dari pikiran pada saat kite ujian.
3. Suasana Belajar yang gag pernah berubah-ubah
Kite semua juga tau, pada dasarnya kite semua punya cara bagaimana belajar yg cocok buat kite sendiri. Yang terpenting musti nyesuain dari prinsip-prinsip belajar. Sama halnya dengan suasana belajar, kite semua butuh yang namanya suasana yang beda, sesuai dengan kepengenan kite. Tentu aje pastinya kite butuh suasana lingkungan sekitar yang ngebikin pikiran kite tenang. Bukan berarti dengan lingkungan yang tenang ngebikin pikiran kite juga tenang., ada lebih dari 40% orang dalam belajarnya pikirannya kagag tenang kalo lingkungannya sepi. malah mereka anggap kalo sepi ngebikin mereka tegang, yang ada malah stresss…!!!asal jgn ampe bunuh diri aje tuh orang, haha…!!! Jadi jelas, bahwa setenang apapun ruang belajar kite, belum tentu menunjang keberhasilan dalam belajar.
4. Kurang Aktivitas Hiburan atawa Rekreasi
Seperti halnya fisik atawa badan kite, proses berpikir yang merupakan aktivitas mental saat kite belajar dapat mengalami kelelahan, dan kelelahan itu pun butuh yang namanya istirahat dan penyegaran atawa bahasa kerennya refreshing (cieee gaya lo cing..!!!). Sebenarnya aktivitas belajar itu banyak menyita energi mental. Rasa lelah bukan cuma dirasain sama mental atawa pikiran aje, tapi juga terasa di semua organ tubuh kite…(ampun DJ..!!!). Kalo di idup kite ini cuman dipenuhin ama yang namanya belajar tanpa diimbangin hiburan (rekreatif) dan penyegaran (refreshing), bisa jadi kite akan mengalamin gejala kelelahan mental yang berat dan berlarut-larut. Jadi Kelelahan model kayak gitu yang sering disebut kejenuhan. Kejenuhan tersebut dirasakan dalam bentuk gejala timbulnya rasa enggan, males, lesu, kagag semangat atawa kurang gairah dalam belajar, walaupun kite masih punya kemauan yang cukup kuat dalam belajar. Namun apadaya pala gue udah panas kayak gini, masih aja diterusin tuh belajarnya…(ampun DJ..!!!). Makanya kreatif dikit, istirahat dulu ngapa buru-buru amat belajarnya udah kayak di udak-udak depkolektor aje…!!!?? mending ngehibur kite aje biar fresh,, cerita, ngelawak, ngelucu, atawa kasih permainan ngapa (jadi topeng monyet jg gag apa-apa, he3x..!!!)
Udah tuh, sedikit uraian tentang masalah kejenuhan belajar siswa. Yang kepingin idup kite selalu BT atawa bosen terusin aja cara yang biasa kita lakuin ke siswa. Kalo kagag mo, yaudah mending dari sekarang ubah cara ngajar anda. Ngajar musti variasi, sekali-sekali belajar ditempat yang berbeda atawa posisi meja dan kursi dirubah, buat suasana lebih menarik suasana yang tenang bukan berarti pikiran juga tenang malahan bisa bikin tegang, dan beri sedikit istirahat dan hiburan yang akan mendinginkan kepala anak.
Atasi Kejenuhan Belajar
Top of Form
Bottom of Form
APABILA kejenuhan belajar telah mendera siswa, biasanya meski waktu yang digunakan untuk belajar cukup lama, hasilnya tidak optimal. Ini sangat wajar sebab sistem otaknya tak dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan.
Kemajuan belajar siswa yang mengalami kejenuhan seakan berjalan di tempat. Jika kejenuhan ini digambarkan dalam bentuk kurva, akan tampak garis mendatar yang lazim disebut sebagai plateau. Maka, kejenuhan belajar ini kerap pula disebut dengan learning plateau.
Pada umumnya, kejenuhan belajar tak berlangsung selamanya namun hanya terjadi dalam rentang waktu tertentu, misalnya sehari, dua hari, atau sepekan. Bila mengetahui siswanya mengalami kejenuhan, guru seharusnya memberikan saran.
Di antaranya, memotivasi siswa dan menganjurkan untuk istirahat dari kegiatan yang melelahkan, mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, mengubah jam belajar, dan menata kembali lingkungan belajar.
Saat berupaya menata kembali lingkungan belajar, guru perlu pula mengubah berbagai strategi dalam mengajar. Tujuannya agar para siswa bisa kembali belajar dengan lebih baik dan tidak terus-menerus terjebak dalam kondisi plateau

Salah satu caranya adalah melakukan pembelajran aktif, kreatif, dan menyenangkan (Pakem). Berarti guru harus menciptakan suasana agar siswa terdorong untuk aktif bertanya dan mengemukakan gagasan.
Perhatian Dengan demikian maka siswa akan terlibat dalam proses pembelajaran bukan proses pasif yang hanya menerima kucuran ceramah guru tentang pengetahuan yang biasanya lebih
cepat membosankan. Peran aktif ini nantinya akan melahirkan sikap kreatif.

Selanjutnya, kondisi aktif dan kreatif ini perlu didukung dengan suasana yang menyenangkan. Saat yang menyenangkan akan mendorong siswa memberikan
perhatian penuh pada pelajaran.
Menurut penelitian, tingginya perhatian terbukti meningkatkan hasil belajar. Namun, keadaan aktif, kreatif, dan menyenangkan tidaklah cukup jika proses pembelajaran tidak efektif, yaitu tidak menghasilkan apa yang harus dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung.

Pembelajaran memiliki sejumlah tujuan. Apabila Pakem terhimpun dalam satu pembelajaran komprehensif yang telah dirancang oleh guru, kejenuhan yang dirasakan siswa akan mulai pudar seiring dengan semakin aktif dan senangnya para siswa untuk belajar.
Lukman Riskikhtiarno, guru Madrasah Aliyah Negeri Batang
sumber : Suara Merdeka
Psychology Education: Pengertian Lupa dan Kejenuhan
            Lupa (forgetting) ialah hilangnya kemampuan untuk menyebut atau memproduksi kembali apa-apa yang sebelumnya telah kita pelajari. Gulo (1982) dan Reber (1988) mendefinisikan lupa sebagai ketidakmampuan mengenal atau mengingat sesuatu yang pernah dipelajari atau dialami. Jadi lupa bukanlah peristiwa hilangnya item informasi dan pengetahuan dari akal kita.
1.      Faktor-faktor Penyebab Lupa
a.       Lupa dapat terjadi karena gangguan konflik antara item-item informasi atau materi yang ada dalam sistem memori siswa. Gangguan konflik ini terbagi menjadi dua yaitu:
  Gangguan proaktif (Proactive interference) yaitu apabila materi pelajaran lama yang sudah tersimpan dalam subsistem akal permanennya mengganggu masuknya materi pelajaran baru. Ini terjadi jika siswa mempelajari materi yang mirip dengan materi pelajaran yang telah dikuasainya dalam tenggang waktu yang pendek. (Psychology Education, 2002)
    Ganguan retroaktif (retroactive interference) yaitu apabila materi pelajaran baru membawa konflik dan gangguan terhadap pemanggilan kembali materi pelajaran lama yang telah lebih dahulu tersimpan dalam subsistem akal permanen siswa. Jadi materi pelajaran lama akan sangat sulit diingat atau diproduksi kembali, sehingga siswa tersebut lupa. (Psychology Education, 2002)
b.      Lupa dapat terjadi pada seseorang siswa karena adanya tekanan terhadap item yang telah ada, baik sengaja ataupun tidak. Penekanan ini dapat terjadi karena item informasi yang berupa pengetahuan tanggapan atau kesan dan sebagainya yang diterima siswa kurang menyenangkan, sehingga ia dengan sengaja menekannya sehingga ke alam ketidaksadaran.
c.       Lupa dapat terjadi pada siswa karena perubahan situasi lingkungan antara waktu belajar dengan waktu mengingat kembali (Andreson 1990). Jika siswa belajar hanya dengan mengenal melalui keterangan atau gambar saja, maka jika siswa menemui yang telah dipelajarinya, mereka akan lupa.
d.      Lupa dapat terjadi karena perubahan sikap dan minat siswa terhadap proses dan situasi belajar tertentu. Jadi, jika siswa telah mengikuti proses belajar-mengajar dengan tekun dan serius, karena hanya tidak suka dengan gurunya maka materi pelajarannya akan terlupakan.
e.       Lupa dapat terjadi karena materi pelajaran yang telah dikuasai tidak pernah digunakan atau dihafalkan siswa (Hilgard & Bower 1975)
f.        Lupa tentu saja dapat tejadi karena perubahan urat syaraf otak.

2.      Kiat Mengurangi Lupa
Menurut Barlow (1985), Reber (1988), dan Anderson (1990), kiat untuk mengurangi lupa yaitu :
a.       Overlearning (belajar lebih) artinya upaya belajar yang melebihi batas penguasaan dasar atas materi pelajaran tertentu. Ini terjadi apabila respons atau reaksi tertentu muncul setelah siswa melakukan pembelajaran atas respon tersebut dengan cara diluar kebiasaan
b.      Extra study time (tambahan waktu belajar) ialah upaya penambahan alokasi waktu belajar atau penambahan frekuensi (kekerapan) aktivitas belajar.
c.       Mnemonic device (muslihat memori) berarti kiat khusus yang diterjadikan “alat pengait” mental untuk memasukkan item-item informasi ke dalam sistem akal siswa.
d.      Clustering (pengelompokan) ialah menata ulang item-item materi menjadi kelompok-kelompok kecil yang dianggap lebih logis dalam arti bahwa item-item tersebut memiliki signifikansi dan lafal yang sama atau sangat mirip. Misalnya daftar I mengelompokkan daftar nama-nama negara, daftar II singkatan lembaga negara, dan daftar III singkatan nama-nama lembaga internasional.
e.       Distributed practive (latihan terbagi) adalah latihan terkumpul yang sudah dianggap tidak efektif karena mendorong siswa melakukan cramming, yakni belajar banyak meteri secara tergesa-gesa dalam waktu yan singkat.
f.        The serial position effect (pengaruh letak bersambung) untuk memperoleh efek yang positif siswa dianjurkan menyusun daftar kata-kata (nama, istilah dsb) yang diawali dan diakhiri dengan kata-kata yang harus diingat.












LAPORAN HASIL OBSERVASI
MASALAH BELAJAR : BURNOUT (KEJENUHAN)
DI SMP NEGERI 1 KAWALI
1.     Pendahuluan
1.     Definisi Masalah Belajar
Masalah adalah ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan, ada yang melihat sebagai tidak terpenuhinya kebutuhan seseorang, dan ada pula yang mengartikannya sebagai suatu hal yang tidak mengenakan. Prayitno (1985) mengemukakan bahwa masalah adalah sesuatu yang tidak disukai adanya, menimbulkan kesulitan bagi diri sendiri dan atau orang lain, ingin atau perlu dihilangkan. Sedangkan menurut pengertian secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan dalam tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Pengertian belajar dapat didefinisikan "Belajar ialah sesuatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya".
 "Belajar adalah proses perubahan pengetahuan atau perilaku sebagai hasil dari pengalaman. Pengalaman ini terjadi melalui interaksi antara individu dengan lingkungannya" ( nita E, Wool Folk, 1995 : 196).
Menurut (Garry dan Kingsley, 1970 : 15) "Belajar adalah proses tingkah laku (dalam arti luas), ditimbulkan atau diubah melalui praktek dan latihan".
Sedangkan menurut Gagne (1984: 77) bahwa "belajar adalah suatu proses dimana suatu organisasi berubah perilakunya sebagai akibat pengalaman". Dari definisi masalah dan belajar maka masalah belajar dapat diartikan atau didefinisikan sebagai berikut :
"Masalah belajar adalah suatu kondisi tertentu yang dialami oleh murid dan menghambat kelancaran proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan".
2.     Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Belajar
Kesulitan belajar ini merupakan suatu gejala yang nampak dalam berbagai jenis pernyataan (manifestasi). Karena guru bertanggung jawab terhadap proses belajar-mengajar, maka ia seharusnya memahami manifestasi gejala-gejala kesulitan belajar. Pemahaman ini merupakan dasar dalam usaha memberikan bantuan kepada murid yang mengalami kesulitan belajar.
Pada dasarnya dari setiap jenis-jenis masalah, khususnya dalam masalah belajar, cenderung bersumber dari faktor-faktor yang melatarbelakanginya ( penyebabnya ). Seorang guru setelah mengetahui siapa murid yang bermasalah dalam belajar serta jenis masalah apa yang dihadapinya. Selanjutnya guru dapat melaksanakan tahap berikutnya, yaitu mencari sebab-sebab terjadinya masalah yang dialami murid dalam belajar. Meskipun seorang guru tidak mudah menentukan sebab-sebab terjadi masalah yang sesungguhnya, karena masalah belajar cenderung sangat kompleks.
Pada garis besarnya sebab-sebab timbulnya masalah belajar pada murid dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori yaitu :
·         Faktor-faktor Internal (faktor-faktor yang berada pada diri murid itu sendiri), antara lain:
1.     Gangguan secara fisik, seperti kurang berfungsinya organ-organ perasaan, alat bicara, gangguan panca indera, cacat tubuh, serta penyakit menahan ( alergi, asma, dan sebagainya ).
2.     Ketidakseimbangan mental ( adanya gangguan dalam fungsi mental ), pertimenampakkan kurangnya kemampuan mental, taraf kecerdasannya cenderung kurang.
3.     Kelemahan emosional, seperti merasa tidak aman, kurang bisa menyesuaikan diri (maladjustment ), tercekam rasa takut, benci, dan antipati serta ketidakmatangan emosi.
4.     Kelemahan yang disebabkan oleh kebiasaan dan sikap salah seperti kurang perhatian dan minat terhadap pelajaran sekolah, malas dalam belajar, dan sering bolos atau tidak mengikuti pelajaran.
·         Faktor Eksternal (faktor-faktor yang timbul dari luar diri individu), yaitu berasal dari :
1.     Sekolah, antara lain :
1.     Sifat kurikulum yang kurang fleksibel
2.     Terlalu berat beban belajar (murid) dan atau mengajar (guru)
3.     Metode mengajar yang kurang memadai
4.     Kurangnya alat dan sumber untuk kegiatan belajar
2.     Keluarga (rumah), antara lain :
1.     Keluarga tidak utuh atau kurang harmonis.
2.     Sikap orang tua yang tidak memperhatikan pendidikan anaknya
3.     Keadaan ekonomi.
1.     Jenis-jenis Masalah Belajar
Di bawah ini akan diuraikan beberapa jenis masalah belajar siswa :
1.     Learning Disorder
atau kekacauan belajar adalah keadaan dimana proses belajar seseorang terganggu karena timbulnya respons yang bertentangan. Pada dasarnya, yang mengalami kekacauan belajar, potensi dasarnya tidak dirugikan, akan tetapi belajarnya terganggu atau terhambat oleh adanya respons-respons yang bertentangan, sehingga hasil belajar yang dicapainya lebih rendah dari potensi yang dimilikinya. Contoh : siswa yang sudah terbiasa dengan olah raga keras seperti karate, tinju dan sejenisnya, mungkin akan mengalami kesulitan dalam belajar menari yang menuntut gerakan lemah-gemulai.
2.     Learning Disfunction merupakan gejala dimana proses belajar yang dilakukan siswa tidak berfungsi dengan baik, meskipun sebenarnya siswa tersebut tidak menunjukkan adanya subnormalitas mental, gangguan alat indera, atau gangguan psikologis lainnya. Contoh : siswa yang yang memiliki postur tubuh yang tinggi atletis dan sangat cocok menjadi atlet bola volley, namun karena tidak pernah dilatih bermain bola volley, maka dia tidak dapat menguasai permainan volley dengan baik.
3.     Under Achiever mengacu kepada siswa yang sesungguhnya memiliki tingkat potensi intelektual yang tergolong di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Contoh : siswa yang telah dites kecerdasannya dan menunjukkan tingkat kecerdasan tergolong sangat unggul (IQ = 130 – 140), namun prestasi belajarnya biasa-biasa saja atau malah sangat rendah.
4.     Slow Learner atau lambat belajar adalah siswa yang lambat dalam proses belajar, sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sekelompok siswa lain yang memiliki taraf potensi intelektual yang sama.
5.     Learning Disabilities atau ketidakmampuan belajar mengacu pada gejala dimana siswa tidak mampu belajar atau menghindari belajar, sehingga hasil belajar di bawah potensi intelektualnya. Beberapa perilaku yang merupakan manifestasi gejala kesulitan belajar, antara lain :
1.     Menunjukkan hasil belajar yang rendah di bawah rata-rata nilai yang dicapai oleh kelompoknya atau di bawah potensi yang dimilikinya.
2.     Hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang telah dilakukan. Mungkin ada siswa yang sudah berusaha giat belajar, tapi nilai yang diperolehnya selalu rendah
3.     Lambat dalam melakukan tugas-tugas kegiatan belajarnya dan selalu tertinggal dari kawan-kawannya dari waktu yang disediakan.
4.     Menunjukkan sikap-sikap yang tidak wajar, seperti: acuh tak acuh, menentang, berpura-pura, dusta dan sebagainya.
5.     Menunjukkan perilaku yang berkelainan, seperti membolos, datang terlambat, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, mengganggu di dalam atau pun di luar kelas, tidak mau mencatat pelajaran, tidak teratur dalam kegiatan belajar, dan sebagainya.
6.     Menunjukkan gejala emosional yang kurang wajar, seperti : pemurung, mudah tersinggung, pemarah, tidak atau kurang gembira dalam menghadapi situasi tertentu. Misalnya dalam menghadapi nilai rendah, tidak menunjukkan perasaan sedih atau menyesal, dan sebagainya. 
1.     Masalah Belajar Burnout
1.     Pengertian Burnout
Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Kawali dan wawancara dengan guru Bimbingan dan Konseling diketahui bahwa masalah belajar yang dominan terjadi di SMP Negeri 1 Kawali adalah masalah Burnout (kejenuhan) dalam belajar.
Burnout (kejenuhan) belajar merupakan bagian dari jenis masalah belajar Learning Disabilities, dimana idikatornya adalah hasil belajar yang rendah, lambat dalam melakukan tugas-tugas kegiatan belajarnya, menunjukkan sikap-sikap yang tidak wajar, seperti: acuh tak acuh, menentang, berpura-pura, dusta dan sebagainya, menunjukkan perilaku yang berkelainan, seperti membolos, datang terlambat, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, mengganggu di dalam atau pun di luar kelas, tidak mau mencatat pelajaran, tidak teratur dalam kegiatan belajar, dan sebagainya.
Pines dan Aronson (Brunk, 2006) mendefinisikan burnout sebagai kondisi emosional seseorang, yang merasa lelah dan jenuh secara mental ataupun fisik sebagai akibat tuntutan pekerjaan yang meningkat. Burnout selalu mempunyai tiga komponen yaitu kelelahan fisik, kelelahan emosional, dan kelelahan mental.
Pines dan Aronson menjelaskan bahwa beberapa indikator kelelahan fisik di antaranya sakit kepala, demam,susah tidur, mual-mual, gelisah, dan perubahan kebiasaan makan. Sementara kelelahan emosi ditunjukkan dengan indikasi antara lain bosan, mudah tersinggung, sering berkeluh kesah, gampang marah, cepat tersinggung, putus asa, tertekan, dan tidak berdaya. Adapun indikator kelelahan mental antara lain merasa tidak berharga, rasa benci, rasa gagal, tidak peka, tidak simpatik, selalu menyalahkan orang lain, kurang toleran, dan sebagainya.
Untuk konteks pendidikan Indonesia, fenomena kejenuhan belajar pada siswa salah satunya dikarenakan oleh kurikulum sekolah yang sentralistik-uniformistik. Proses ini bermula dari dengan kewajiban pemakaian seragam, disusul dengan kewajiban-kewajiban yang lain seperti mata pelajaran yang seragam, bahasa dan cara bicara yang seragam, tingkah laku yang seragam, serta lama-kelamaan wajib pula isi kepala dan hati yang seragam. Hal initentu saja sangat kontraproduktif dengan sifat alamiah manusia, yang sangat unik dan beragam. Selain itu, kurikulum sekolah dinilai menuntut begitu banyak dari para siswa, bahkan hal-hal yang tidak terlalu perlu bagi mereka sehingga memberatkan mereka, menjadikan mereka jenuh, dan loyo.
2.     Upaya yang Dilakukan untuk Mengatasi Burnout
Adapun upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi Burnout dalam belajar, diantaranya :
1.     Mendorong guru untuk menggunakan strategi, pendekatan, metode dan media pembelajaran yang bervariasi sehingga tidak menimbulkan kejenuhan dalam belajar.
2.     Melakukan istirahat sejenak dan menganjurkan siswa untuk menkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dengan takaran cukup.
3.     Melakukan penjadwalan kembali jam-jam dari hari belajar yang dianggap lebih memungkinkan siswa belajar lebih giat.
4.     Mengubah atau penataan kembali lingkungan belajar siswa yang meliputi pengubahan posisi meja tulis, lemari, rak buku, alat-alat perlengkapan belajar dan sebagainya sampai memungkinkan siswa merasa berada disebuah kamar baru yang lebih menyenangkan untuk belajar.
5.     Memberikan motivasi dan stimulasi baru agar siswa merasa terdorong untuk belajar lebih giat dari pada sebelumnya.
6.     Siswa didorong untuk berbuat nyata (tak menyerah/ tinggal diam) dengan cara mencoba belajar dan belajar lagi.
7.     Menyampaikan informasi manfaat dari belajar.
Belajar yang dilakukan pasti ada manfaatnya. Dengan belajar, maka bisa memperoleh ilmu pengetahuan, bisa menambah teman mempererat tali silaturrahmi, menambah wawasan dan pengalaman hidup. Singkatnya, manfaat belajar yaitu untuk persiapan masa depan yang lebih cerah semakin tahu manfaat belajar, akan semakin bersemangat untuk belajar dan menghilangkan kejenuhan.
8.     Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kreatif.
Suatu pekerjaan yang dilakukan dengan perasaan senang akan menimbulkan senang. Begitu juga dengan kegiatan belajar, apabila suasananya menyenangkan, maka akan memiliki gairah dan semangat untuk belajar. Lama kelamaan perasaan jenuh akan terkikis dan hilang. Disamping itu, selama melakukan kegiatan belajar, kita atau siswa juga harus kreatif. Belajar dengan kreatif akan menimbulkan keasyikan dan kepuasan pribadi sehingga jauh dari perasaan jenuh atau bosan.
1.     Penutup
Masalah belajar adalah suatu kondisi tertentu yang dialami oleh murid dan menghambat kelancaran proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan.
Timbulnya masalah belajar pada siswa dipengaruhi oleh dua faktor, faktor Internal (faktor-faktor yang berada pada diri siswa itu sendiri) dan faktor eksternal (faktor-faktor yang timbul dari luar diri individu siswa).
Jenis masalah belajar meliputi Learning Disorder, Learning Disfunction, Under Achiever, Slow Learner, Learning Disabilities. Burnout (kejenuhan) belajar termasuk dalam kategori Learning Disabilities. Burnout merupakan kondisi emosional seseorang, yang merasa lelah dan jenuh secara mental ataupun fisik sebagai akibat tuntutan pekerjaan yang meningkat. Burnout selalu mempunyai tiga komponen yaitu kelelahan fisik, kelelahan emosional, dan kelelahan mental.
Adapun cara mengatasi Burnout dalam belajar, diantaranya menggunakan strategi, pendekatan, metode dan media pembelajaran yang bervariasi, melakukan istirahat dan menkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, memberikan motivasi dan stimulasi baru kepada siswa, menyampaikan informasi manfaat dari belajar, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kreatif serta melakukan pemetaan baru terhadap waktu dan tempat agar menimbulkan suasana baru yang menyenangkan.












DAFTAR PUSTAKA

 
Syah, Muhibbin, 2008, Psikologi Belajar, Cetakan ke 7 (Edisi Revisi), Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

 
Suryabrata, Sumadi, 2005, Psikologi Pendidikan, Cetakan ke 13, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

 
Endarmoko, Eko, 2006, Tesaurus Bahasa Indonesia, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

 

Dr. Mubiar Agustin, M.Pd: Konseling untuk Atasi Kejenuhan Belajar Mahasiswa

Pakar Ilmu Pendidikan Bidang Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat
Sudah banyak studi yang mengkaji secara mendalam tentang kejenuhan belajar. Namun, kebanyakan peneliti hanya mempertimbangkan aspek perbedaan jenis kelamin, situasi, kepribadian, dan faktor emosional. Mereka jarang melibatkan konseling akademik sebagai solusinya.
Dosen Pendidikan Guru pada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat, Dr. Mubiar Agustin, mengurai cara mengatasi kejenuhan belajar di kalangan mahasiswa. “Kini sangat dibutuhkan tenaga andal kompetensi konselor,” kata pria kelahiran Bandung, 28 Agustus 1977.
Berikut hasil penelitiannya untuk pembaca Majalah Qalam.
Bagaimana fenomena kejenuhan belajar yang kini melanda kalangan mahasiswa?
Fenomena kejenuhan menjadi fenomena umum yang kerap dialami sebagian mahasiswa selama kuliah. Kejenuhan belajar merupakan kondisi emosional, ketika seseorang merasa lelah dan jenuh secara mental ataupun fisik. Ini diakibatkan karena tuntutan pekerjaan terkait dengan belajar yang meningkat.
Timbulnya kelelahan ini, karena mereka bekerja keras, merasa tidak berdaya, merasa terjebak, ada kesedihan yang mendalam, atau merasa malu, yang pada gilirannya akan meningkatkan rasa kesal, kelelahan fisik, mental dan emosional.
Apa faktor utama penyebab kejenuhan ini?
Terlebih dahulu saya ingin menguraikan definisi kejenuhan belajar. Pertama, karakteristik individu. Berupa keinginan untuk sempurna, penghargaan diri yang rendah, ketidakmampuan mengendalikan emosi dan motif berprestasi yang rendah.
Kedua, faktor lingkungan belajar. Berupa iklim kelas yang negatif, kurang penghargaan dalam belajar, beban tugas belajar yang berat, konflik diri dengan individu dalam lingkungan belajar, dan suasana belajar yang statis.
Ketiga, keterlibatan emosional dengan lingkungan belajar. Berupa ketidakmampuan untuk asertif, terjadinya konflik peran, kurangnya dukungan belajar, hingga perbedaan nilai pribadi.
Selanjutnya, faktor penyebab kejenuhan belajar adalah segala sesuatu yang menyebabkan kejenuhan belajar, meliputi faktor karakteristik mahasiswa, lingkungan belajar, dan keterlibatan emosional dengan lingkungan belajar.
Penelitian yang saya lakukan di kampus UPI Bandung ini, ditunjukkan dengan akumulasi skor yang diperoleh mahasiswa melalui pengisian instrumen dalam bentuk skala. Jumlah skor yang diperoleh melalui skala inilah yang pada akhirnya akan menghasilkan data tentang faktor penyebab kejenuhan belajar mahasiswa.
Bagaimana hasilnya?
Fenomena kejenuhan belajar di kalangan mahasiswa, tak dapat dibiarkan begitu saja. Fakta menunjukkan, persentase mahasiswa yang mengalami kejenuhan belajar cenderung meningkat seiring lama waktu kuliah. Semakin lama mahasiswa kuliah, semakin berat derajat kejenuhan belajar yang akan mereka alami.
Terkait kajian penelitian doktoral saya, sebenarnya sudah banyak studi yang mengkaji tentang kejenuhan belajar ini. Namun, kebanyakan peneliti hanya mempertimbangkan aspek perbedaan jenis kelamin, situasi, kepribadian, dan emosional. Mereka jarang melibatkan konseling akademik sebagai solusinya.
Argumentasi yang Anda sodorkan untuk memperkuat penelitian ini?
Untuk mempertahankan disertasi saya yang berjudul Model Konseling Kognitif-Perilaku untuk Menangani Kejenuhan Belajar Mahasiswa pada 10 Agustus silam di Kampus UPI Bandung, saya memaparkan hasil wawancara dengan para mahasiswa yang berkonsultasi pada masalah akademik.
Hasilnya, sebagian besar mahasiswa semester lima/tingkat tiga ke atas, umumnya mengeluh dan mengalami kejenuhan dalam belajar.
Saya mencatat banyak faktor yang memicu kejenuhan belajar. Pertama, kesulitan mencari sumber belajar (42,5%). Kedua, kesulitan bertemu dosen untuk berkonsultasi (28,5%). Ketiga, kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar (18%). Keempat, tidak memahami materi yang diberikan dosen (45%).
Kelima, banyak biaya untuk mengerjakan tugas kuliah (25%). Keenam, sulit menolak ajakan teman ketika sedang belajar (16%). Ketujuh, ada masalah akademik dengan dosen (4,5%). Kedelapan, ada masalah pribadi dengan dosen (6%). Kesembilan, ada masalah pribadi dengan teman (10%). Kesepuluh, banyak masalah keluarga (16,5%).
Kesebelas, banyak masalah di tempat kos (5,5%). Keduabelas, mengalami kesulitan dalam menerjemahkan buku berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris dan Jepang (53,5%). Ketigabelas, kesulitan dalam membuat tugas belajar (29,5%). Dan terakhir, kesulitan membagi waktu belajar dengan kesibukan di luar belajar (51,5%).
Ini menggambarkan bahwa kejenuhan belajar pada mahasiswa, sudah bukan sekadar fenomena lagi. Tapi telah menjadi masalah aktual yang perlu segera dicarikan solusinya. Dan masalah ini harus segera ditangani dengan baik.
Upaya yang harus dilakukan secara akademis?
Salah satu upaya mengurangi kejenuhan belajar adalah konseling akademik. Ini akan membantu mahasiswa mengatasi kesulitan belajar, mengembangkan cara belajar efektif, serta membantu mereka supaya sukses dalam belajar dan mampu menyesuaikan diri terhadap semua tuntutan pendidikan.
Namun diperlukan pendekatan konseling yang tepat oleh tenaga konselor yang tepat pula. Fakta empiris tentang gejala kejenuhan belajar pada mahasiswa dengan segenap implikasi psikologisnya, mengisyaratkan perlunya layanan bimbingan dan konseling.
Salah satu alasan yang mendasarinya dapat ditinjau dari paradigma baru bimbingan dan konseling. Lihatlah target populasi layanan konseling menjadi lebih terbuka dan berada dalam berbagai tataran kehidupan seperti di sekolah, luar sekolah, keluarga, industri dan bisnis, rumah sakit, dan lembaga pemasyarakatan.
Khusus mahasiswa, ketersediaan tenaga konseling akademik mutlak diperlukan. Selama ini mahasiswa merasa enggan curhat kepada dosennya.
Berbagai kajian teoretik maupun empirik menunjukkan bahwa konseling kognitif-perilaku sangat efektif untuk mengintervensi berbagai gangguan psikopatologi seperti menangani kejenuhan belajar. Secara umum, intervensi ini melibatkan proses kognitif dan perilaku dalam rangka perubahan perilaku dan kognisi.
Kompetensi apa yang harus dimiliki tenaga konselor?
Setidaknya para konselor pendidikan memiliki implementasi model konseling kognitif-perilaku untuk menangani kejenuhan belajar mahasiswa.
Pertama, seorang konselor harus mampu memahami pikiran, perasaan dan perilaku, sebagai bagian dari aktivitas belajar yang membentuk keyakinan dasar konseling, sehingga menjadi alasan penyebab kejenuhan belajar mahasiswa.
Kedua, memahami asumsi dasar dan keyakinan utama mahasiswa yang menjadi alasan mereka mengalami kejenuhan belajar. Ketiga, memahami dan mengenali pola pikiran yang mengganggu mereka, dengan merancang suatu rencana untuk membantu menyelesaikan masalah kejenuhan belajar.
Keempat, mampu menampilkan penjelasan terhadap pikiran yang mengganggu, berdasarkan bukti-bukti yang ada, dan mencatatnya dengan keyakinan utama dan asumsi dasar baru yang lebih positif.
Kelima, mampu merancang suatu eksperimen untuk menguji pikiran dan perasaan yang tidak rasional. Dan, keenam, mampu memeriksa pikiran, perasaan, tingkah laku, aspek biologis dan lingkungan mereka, guna memahami masalah kejenuhan belajar yang dihadapi.
Adakah acuan dari struktur isi konseling yang Anda buat itu?
Umumnya menggunakan model konseling kognitif-perilaku fleksibel, kolaboratif dan aktif. Pada praktiknya, konseling kognitf-perilaku mengacu pada pola “20/20/20 Rule”. Selama 20 menit pertama, fokus konseling adalah eskplorasi terhadap kerisauan mahasiswa saat sekarang, tingkat kekhawatiran yang sedang dialami dan pengalaman-pengalaman yang dirasakan mahasiswa saat menghadapi kejenuhan belajar sebagai bentuk asesmen dan diagnosa awal.
Selama 20 menit kedua fokusnya adalah mendiskusikan, belajar menjelajahi secara mendalam terhadap pikiran, emosi dan tingkah laku, sebagai cara untuk sampai kepada pengembangan keterampilan khusus sebagai respon terhadap masalah kejenuhan belajar yang dihadapi mahasiswa.
Selama 20 menit ketiga fokusnya adalah membangun kesepakatan antara konselor dengan konseli tentang latihan yang dilakukan sebelum sesi intervensi berikutnya, dan antisipasi terhadap masalah yang mungkin dihadapi selama mencoba suatu keterampilan.
Apa manfaat yang didapat dari penelitian ini?
Secara teoretis, penelitian ini bermanfaat membantu memperkaya dan mengembangkan khazanah teori dinamika kejenuhan belajar mahasiswa dan melengkapi berbagai model intervensi konseling untuk mengatasi kejenuhan belajar.
Secara praktis, hasil penelitian ini dapat dipergunakan oleh dosen Pembimbingan Akademik (PA) sebagai rujukan dalam memberi bimbingan kepada mahasiswa, sehingga dapat terhindar dari masalah kejenuhan belajar.
Bagi Unit Pelaksana Teknis Bimbingan dan Konseling (UPT LBK), hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam mengembangkan kebijakan dan fokus layanan bimbingan dan konseling. (Tata Septayuda)
Boks
Mubiar Agustin lahir di Bandung, 28 Agustus 1977. Kejeniusannya sudah terlihat sejak kuliah dulu. Ia pernah menjadi mahasiswa teladan terbaik pertama se-UPI (2001), meraih peringkat pertama Lomba Karya Tulis Mahasiswa (2002), dan Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional pada tahun yang sama.
Sejak 2003, ia telah menjadi dosen di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan. Pendidikan sarjana (S1) Psikologi Pendidikan dan Bimbingan ia raih dari UPI dengan predikat cumlaude (2003). Kemudian S2 (2006) pada Program Studi Bimbingan dan Konseling, Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini dengan predikat cumlaude. Dan pada 2009 ini, ia meraih Gelar Doktor Ilmu Pendidikan dalam Bidang Bimbingan dan Konseling di kampus yang sama, juga dengan predikat cumlaude.
Tak hanya itu, ia tercatat sebagai doktor termuda (31 tahun), dengan masa studi tercepat (2 tahun, 10 bulan) dan meraih IPK tertinggi (3,85).
Selain mengajar, ia juga aktif menulis artikel di Harian Umum Pikiran Rakyat (PR), dan beberapa buku. Di antaranya buku Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Usia TK/RA (2008), dan menjadi editor buku Prof Dr Rochman Natawidjaja berjudul Integritas Pribadi dan Karya Pendidikan, Penelitian, Bimbingan dan Konseling dalam Dimensi Kesejagatan (2005).
Mubiar juga aktif menjadi narasumber acara Ruang Keluarga di Radio Kandaga, Bandung, dan menjadi juri pemilihan Mojang dan Jajaka Kabupaten Bandung tahun 2005 dan 2006. (Tata Septayuda)


0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Teman-teman kami bilang kami ini kembar, padahal kenyataannya jauh berbeda. Kesamaan kami hanyalah kami sama-sama wanita, kami berasal dari daerah yang sama, kami dalam kelas yang sama, dan huruf awal nama kami sama-sama 'A".