Selasa, 03 April 2012

CONTOH ANGKET KECEMASAN TAMPIL DI DEPAN KELAS


INSTRUMEN MASALAH PRIBADI
ANGKET KECEMASAN TAMPIL DI DEPAN KELAS

Sebagai Tugas Mata Kuliah Bimbingan Konseling Pribadi Sosial


Dosen  :
Drs. Moch. Nursalim, M. Si.
Dra. Retno Tri Hariastuti, M. Pd., Kons.

Oleh    :
Ajeng Ariningsun
NIM    : 101014243

BK 2010 B


UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
2012
ANGKET KECEMASAN TAMPIL DI DEPAN KELAS

Angket ini bertujuan untuk mengetahui siswa yang mengalami kecemasan tampil di depan kelas pada saat mengerjakan tugas, presentasi, berpidato/berbicara di depan orang banyak (teman-teman di kelas). Oleh karena itu, anda diharapkan mengisi angket ini sesuai dengan keadaan diri anda. Sebelum mengerjakan bacalah kalimat-kalimat pernyataan di bawah ini dengan hati-hati dan pertimbangkan secara baik-baik. Kemudian berilah tanda silang (x) pada pilihan jawaban yang sesuai dengan keadaan diri anda. Di sini tidak ada jawaban benar atau salah dan tidak mempengaruhi nilai anda.

Pilihlah jawaban yang sesuai dengan petunjuk di bawah ini:
Selalu              : Jika pernyataan tersebut sangat sesuai dengan keadaan diri anda
Sering              : Jika pernyataan tersebut sesuai dengan keadaan diri anda
Jarang              : Jika pernyataan tersebut cukup sesuai dengan keadaan diri anda
Tidak pernah   : Jika pernyataan tersebut tidak sesuai dengan keadaan diri anda

Pernyataan :
1.      Tangan saya gemetar ketika mengerjakan tugas di depan kelas.
2.      Ketika menunggu giliran untuk presentasi di depan kelas, keringat saya mulai bercucuran.
3.      Selama menunggu giliran untuk presentasi, tangan saya terasa dingin.
4.      Dada saya berdebar-debar ketika guru menunjuk saya untuk maju mengerjakan soal.
5.      Ketika guru memanggil saya untuk tampil di depan kelas, nafas saya menjadi lebih cepat dari biasanya.
6.      Saya merasa rendah diri dengan penampilan saya ketika presentasi.
7.      Saya takut mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan guru.
8.      Saya gugup ketika mempresentasikan tugas di depan kelas.
9.      Pikiran saya tidak karuan ketika tampil di depan kelas.
10.  Ketika tampil di depan kelas suara saya menjadi terbata-bata.
11.  Lutut saya terasa gemetar ketika akan presentasi sehingga saya sulit berdiri.
12.  Ketika tampil di depan kelas keringat saya bercucuran.
13.  Ketika mengerjakan tugas di depan kelas, jantung saya berdetak lebih cepat.
14.  Perut saya mulas ketika guru menunjuk saya untuk mengerjakan tugas di depan.
15.  Nafas saya lebih cepat ketika melangkahkan kaki menuju depan kelas.
16.  Saya tidak yakin dengan kemampuan saya untuk presentasi di depan kelas.
17.  Saya takut untuk mempresentasikan tugas di depan kelas.
18.  Saya gugup ketika harus tampil di depan kelas untuk mengerjakan tugas.
19.  Saya kurang konsentrasi ketika tampil di depan kelas.
20.  Saya merasa tegang ketika menunggu giliran untuk presentasi di depan kelas.
21.  Saya kurang mampu menjawab pertanyaan secara lisan di depan kelas.
22.  Saya gemetar ketika ditunjuk untuk mengerjakan tugas di papan tulis.
23.  Ketika menunggu giliran untuk mengerjakan tugas di depan, keringat saya bercucuran.
24.  Tangan saya terasa dingin ketika jawaban saya dikritik oleh teman-teman saya.
25.  Detak jantung saya bertambah cepat ketika menunggu giliran presentasi.
26.  Saya menjadi tidak nafsu makan ketika akan tampil di depan kelas.
27.  Ketika menunggu giliran untuk maju, nafas saya menjadi cepat.
28.  Saya merasa rendah diri ketika harus menjawab pertanyaan.
29.  Saya takut ditertawakan oleh guru dan teman ketika presentasi.
30.  Materi yang saya kuasai hilang semua ketika tampil di depan.
31.  Saya semakin tegang ketika melangkahkan kaki ke depan untuk mengerjakan tugas.
32.  Saya tidak mampu berbicara dengan lancar ketika tampil di depan.
33.  Keringat saya bercucuran ketika akan mulai presentasi.
34.  Meskipun sudah menguasai materi, dada saya tetap berdebar-debar ketika akan presentasi.
35.  Nafas saya lebih cepat ketika presentasi.
36.  Saya gugup ketika melihat orang lain memperhatikan saya ketika sedang presentasi.
37.  Konsentrasi saya terganggu apabila menatap teman-teman ketika presentasi.
38.  Saat presentasi di depan kelas tubuh saya sangat kaku karena tegang.
39.  Pengucapan kata-kata saya sering salah ketika tampil di depan.
40.  Pikiran saya sulit fokus pada materi yang akan saya sampaikan ketika presentasi.
41.  Saya bertambah tegang ketika teman-teman mulai banyak yang bertanya.
42.  Saya gugup ketika ada teman yang bertanya saat saya sedang presentasi.
43.  Ketika presentasi, saya menjadi lupa dengan apa yang akan saya ucapkan.


LEMBAR JAWABAN

Nama   : _____________________                No. Absen       : ____________________
Kelas   : _____________________                Tanggal           : ____________________

1.      a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
2.      a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
3.      a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
4.      a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
5.      a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
6.      a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
7.      a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
8.      a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
9.      a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
10.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
11.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
12.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
13.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
14.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
15.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
16.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
17.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
18.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
19.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
20.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
21.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
22.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
23.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
24.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
25.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
26.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
27.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
28.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
29.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
30.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
31.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
32.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
33.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
34.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
35.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
36.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
37.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
38.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
39.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
40.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
41.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
42.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah
43.  a. Selalu                 b. Sering                      c. Jarang                      d. Tidak Pernah


KISI-KISI

Variabel
Aspek
Indikator
Nomor Item
Jumlah Item
Kecemasan tampil di depan kelas.
Fisik
a.       Gemetar
b.      Keringat bercucuran
c.       Tangan terasa dingin
d.      Detak jantung cepat
e.       Gangguan pencernaan
f.       Nafas memburu
1, 2, 3, 4, 5, 11, 12, 13, 14, 15, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 33, 34, 35, 38
20
Psikis
a.       Rendah diri
b.      Takut
c.       Gugup
d.      Konsentrasi terganggu
e.       Tegang
f.       Kurang mampu berbicara
6, 7, 8, 9, 10, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 28, 29, 30, 31, 32, 36, 37, 39, 40, 41, 42, 43
23


KETENTUAN SKOR

Pilihan Jawaban
Skor
Selalu
4
Sering
3
Jarang
2
Tidak pernah
1


CARA MENGHITUNG SKOR

Cara menghitung skor secara keseluruhan adalah dengan cara menjumlahkan seluruh skor masing-masing nomor sesuai dengan jawaban. Dan skor secara keseluruhan tersebut merupakan skor tingkat kecemasan.
TINGKAT HAMBATAN KECEMASAN

Tinggi              : (mean + 1 SD) sampai skor maksimal
Sedang                        : Dari (mean – 1 SD) sampai (mean + 1 SD)
Rendah            : Skor minimal sampai (mean – 1 SD)




Sumber            :
Noviarini, Ratna. 2007. Penerapan Konseling Kelompok dalam Membantu Siswa yang Mengalami Kecemasan Tampil di Depan Kelas pada Siswa Kelas VII B SLTPN 1 Gedangan Sidoarjo. Surabaya

1 komentar:

  1. Ass.... mau tnya ne, ngket ini sudah valid dan reliabel ya?

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Teman-teman kami bilang kami ini kembar, padahal kenyataannya jauh berbeda. Kesamaan kami hanyalah kami sama-sama wanita, kami berasal dari daerah yang sama, kami dalam kelas yang sama, dan huruf awal nama kami sama-sama 'A".