Sabtu, 31 Maret 2012

Lembar PTSDL SD


Oleh : Anjar Raharyanti (101014056)

LEMBAR JAWABAN PTSDL SD

Nama               :
Kelas               :
Petunjuk
Baca dan pertimbangkan semua butir pernyaan berikut dan silahlah pada salah satu huruf TP, KD, SR, SL untuk setiap nomor.
Keterangan :    SL      : Selalu
                        SR       : Sering
                        KD      : Kadang-kadang
                        TP        : Tidak Pernah

No
Pernyataan
SL
SR
KD
TP
1
Tugas pekerjaan rumah(PR) yang diberikan guru tidak saya pahami




2
Untuk mengikuti pelajaran besok harinya saya mengulangi pelajaran sebelumnya




3
Pelajaran yang diterangkan guru tidak jelas




4
Pelajaran yang diterangkan giru tidak berurutan




5
Saya tidak mengerti dengan pelajaran yang diberikan guru karena pelajaran sebelumnya tidak saya pahami




6
Pelajaran yang diberikan guru terlalu sukar




7
Soal-soal ujian/ulangan tidak dapat saya kerjakan karena belum pernah saya pelajari




8
Nilai ujian/ulangan tidak dapat saya kerjakan karena belum pernah saya pelajari




9
Kalau saya tidak masuk sekolah saya meminjam dan mempelajari buku catatan teman




10
Saya membaca terlebih dahulu bahan pelajaran yang akan diajarkan guru




11
Di dalam kelas saya suka bertanya kepada guru




12
Dalam ujian/ulangan saya suka bertanya atau melihat jawaban teman




13
Dalam ujian/ulangan saya membantu teman menjawab soal-soal ujian/ulangan




14
Saya senang tidak belajar karena guru tidak hadir




15
Saya menanyakan kepada guru tentang hasil ujian langsung atau PR saya yang nilainya rendah




16
Saya mencatat hal-hal penting dari isi bacaan yang saya pelajari




17
Di dalam kelas saya ingin duduk di bagian depan




18
Saya kekurangan waktu untuk belajar




19
PR saya tidak dapat saya selesaikan karena petunjuknya tidak jelas




20
PR saya tidak dapat saya selesaikan karena buku sumbernya tidak ada




21
PR saya tidak dapat saya selesaikan karena kekurangan waktu




22
Saya malas mengerjakan PR karena hasilnya tidak diperiksa oleh guru




23
Saya tidak dapat menyelesaikan PR saya karena di rumah tidak ada yang membantu mengerjakannya




24
Dalam belajar saya membuat pertanyaan-pertanyaan dan menjawabnya semdiri




25
Saya mendiskusikan dengan teman-teman bahan-bahan yang saya pelajari




26
Saya tidak dapat menyelesaikan ujian/ulangan karena soalnya terlalu banyak




27
Soal-soal ujian terlalu sulit




28
Saya kurang mempersiapkan diri untuk ujian/ulangan




29
Saya kekurangan waktu mempersiapkan diri untuk ujian/ulangan




30
Saya tidak dapat menjawab soal ujian/ulangan dengan baik karena saya tidak mengerti cara menjawabnya




31
Saya tidak dapat menjawab soal ujian/ulangan dengan baik karena saya kurang hti-hati/ceroboh




32
Buku dan alat belajar lainnya saya atur dengan rapi




33
Buku-buku yang saya pelajari banyak yang tidak saya mengerti




34
Saya suka belajar bersama (kelompok)




35
Dalam belajar di kelas saya diganggu teman




36
Dalam belajar di kelas saya sering mengganggu teman




37
Dalam belajar saya kurang cermat dan tidak membaca buku seluruh buku pelajaran




38
Saya menyiapkan buku-buku, alat-alat tulis dan keperluan lainnya sebelum berangkat ke sekolah




39
Saya melakukan kegiatan belajar sesuai jadwal yang dibuat




40
Saya tidak memanfaatkan buku dan alat pelajaran yang ada di sekolah




41
Saya lambat membaca




42
Dalam belajar saya mudah terganggu oleh suara-suara bising atau suara suara tidak menentu




43
Dalam belajar saya takut ditanya atau diberi tugas oleh guru




44
PR saya kerjakan sekedar selesai saja




45
Jawaban ujian/ulangan yang dikembalikan guru saya pelajari kembali




46
Saya terlambat datang ke sekolah




47
Sebelum pelajaran berlangsung saya menyiapkan pertanyaan untuk disampaikan kepada guru




48
Saya senang membantu teman dalam belajar




49
Saya meninggalkan kegiatan belajar karena mengikuti ajakan teman




50
Saya lambat dalam memulai belajar




51
Catatan pelajaran saya tidak lengkap




52
Catatan pelajaran saya banyak yang tidak dapat saya pahami




53
Saya tidak dapat membaca kembali catatan pelajaran saya karena tidak rapi




54
Saya tidak membaca kembali catatan pelajaran saya




55
Saya mengalami kesulitan mengemukakan pendapat secara tertulis




56
Tidak dapat menggunakan kamus




57
Waktu belajar kurang karena harus membantu orang tua




58
Ruangan dan peralatan tulis di rumah cukup baik




59
Saya mengalami kesulitan dalam mendapatkan buku-buku pelajaran yang diperlukan




60
Saya mengalami kesulitan menyiapkan ujian/ulangan karena tidak memiliki buku-buku pelajaran yang diperlukan




61
Saya kekurangan buku untuk mencatat pelajaran




62
Pelajaran saya terganggu karena tidak dapat membayar iuran sekolah




63
Semangat belajar saya menurun karena keadaan sekolah/kelas kurang baik




64
Semangat belajar saya menurun keadaan keuangan orang tua saya tidak mencukupi




65
Untuk mencukupi kekurangan buku pelajaran saya berusaha belajar bersama teman-teman




66
Berpikir-pikir untuk mendapatkan bantuan dari orang tua asuh




67
Alat-alat pelajaran selain buku yang saya miliki tidak mencukupi




68
Takut menghadapi ujian/ulangan




69
Mudah lelah dalam belajarmudah bosan dalam belajar




70
Bingung memikirkan nilai ujian/ulangan yang rendah




71
Tidak dapat mengikuti kegiatan sekolah yang saya senangi




72
Meskipun merasa bosan saya tetap berusaha mengikuti pelajaran dengan baik




73
Meskipun tidak menyukai guru, saya tetap mengikuti pelajaran




74
Dalam belajar saya terganggu oleh perasaan sedih atau murung




75
Saya sering mengantuk dalam kelas




76
Waktu belajar sering terbuang karena bermain, nonton TV, mendengarkan radio dan mengobrol tak menentu




77
Kurang memahami kegunaan pelajaran yang diikuti




78
Saya berpikir-pikir untuk berhenti sekolah




79
Dalam mengikuti ujian/ulangan saya bekerja sendiri




80
Merasa kurang mampu menamatkan sekolah ini




81
Lebih senang tidak masuk sekolah bila ada hal lain yang ingin saya lakukan




82
Merasa sehat untuk belajar




83
Bersemangat untuk belajar




84
Kecewa bila tidak dapat masuk sekolah




85
Hubungan dengan guru kurang baik




86
Saya merasa guru tidak memahami keinginan-keinginan murid




87
Saya melalaikan pelajaran karena tidak senang kepada gurunya




88
Lingkungan belajar di sekolah menyenangkan




89
Lingkungan belajar di rumah menyenangkan




90
Hubungan dengan teman-teman mendorong semangat saya dalam belajar




91
Saya sukar belajar di rumah karena terlalu banyak orang




92
Orang tua mendorong agar saya giat belajar




93
Suasana kelas tidak tenang untuk belajar




94
Letak rumah yang jauh dari sekolah melemahkan semangat dalam belajar




95
Guru-guru menyukai murid dalam belajar




96
Berpikir-pikir untuk mendapatkan bantuan dari orang tua asuh





1 komentar:

  1. Selamat Pagi, maaf saya mau tanya, referensi lembar AUM PTSDL darimana ya kak? Terima kasih :)

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Teman-teman kami bilang kami ini kembar, padahal kenyataannya jauh berbeda. Kesamaan kami hanyalah kami sama-sama wanita, kami berasal dari daerah yang sama, kami dalam kelas yang sama, dan huruf awal nama kami sama-sama 'A".